Show More Information
Show Mobile Navigation

Kamis, 26 Juni 2014

Pembelajaran 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

Unknown - 23.51
Berikut ini adalah pembelajaran kesatu pada tema Keberagaman Budaya Bangsaku Subtema 1
Jaringan Kompetensi Dasar
PPKn
Kompetensi Dasar:
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
Indikator:
• Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
• Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran
• Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator:
• Mengolah informasi dari teks“Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran
IPS
Kompetensi Dasar:
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamikainteraksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Indikator:
• Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan
SBdP
Kompetensi Dasar:
3.3 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
Indikator:
• Menyanyikan lagu “Aku AnakIndonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai

Tujuan Pembelajaran:
  1. Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
  2. Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
  3. Setelah mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan benar.
  4. Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagaibentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
  5. Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.
Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar:
Peta budaya
teks lagu “Aku Anak Indonesia”

1 komentar: